Bertemu PM Ceko, Jokowi Bahas Peningkatan Perdagangan Antar Dua Negara

Laporan: Sinpo
Rabu, 14 Desember 2022 | 23:15 WIB
Presiden Joko Widodo saat bertemu PM Ceko Petr Fiala/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo saat bertemu PM Ceko Petr Fiala/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s, Rabu, 14 Desember 2022.  Pertemuan ini merupakan salah satu rangakaian kegiatan Jokowi di Belgia.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi menyampaikan beberapa isu yaitu kerja sama ekonomi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, dan kerja sama Indo-Pasifik.

“Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” ucap Jokowi seperti dikutip dari website Setkab.

Dalam bidang pertahanan dan industri strategis, Presiden Jokowi mengapresiasi partisipasi Ceko pada Indo-Defense 2022. Dia juga mengundang Ceko pada Indo-Pacific Infrastructure Forum yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2023, dalam rangka membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian, dam kemakmuran dapat dijaga.

“Kerja sama pertahanan dan industri strategis perlu ditingkatkan melalui antara lain produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur,” ungkap Presiden.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati PM Ceko atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Selain itu Presiden juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini.

“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN-Uni Eropa,” katanya.


 sinpo

Komentar: