Banjir Rob DKI, Legislator: Lebih Baik Buat Tanggul Ketimbang Pakai Pompa Air

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 28 Desember 2022 | 08:57 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta didorong untuk membuat tanggul dengan kapasitas yang lebih tinggi di wilayah utara pesisir Jakarta agar dapat menghalau banjir Rob.

Hal itu disingung Anggota DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono karena Pj Gubernur Heru malah memilih memaksimalkan pompa air di waduk peluit dibandingkan membangun tanggul pembatas air laut.

"Ya itu kan bukan alat pamungkas menggunakan pompa itu. Tapi yang paling utama adalah menyelesaikan tanggul kan itu yang paling utama," kata Gembong dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu, 28 Desember 2022.

Gembong menjelaskan saat ini keberadaan tanggul penahan air laut yang berada di sekitaran pesisir pantai Jakarta belum terbangun secara maksimal. Sehingga ketika terjadi kenaikan air laut terjadi banjir rob. 

Menurutnya penggunaan pompa air untuk menanggulangi banjir rob yang terjadi hampir setiap tahun merupakan solusi sementara bukan menjadi solusi utama.

"Itu kan tanggul adalah solusi utama, tapi karena memang tanggul itu belum (selesai) keseluruhan terbangun, maka pompa menjadi solusi sementara sifatnya," ungkapnya.

Legislator Jakarta fraksi PDI Perjuangan itu juga meminta kepada Pj Gubernur Heru untuk memprioritaskan pembangunan tanggul laut tersebut.

Sebab, lanjut Gembong, hanya pembangunan tanggul satu-satunya jalan yang dapat menuntaskan persoalan banjir rob di Jakarta.

"Tetapi yang pasti bahwa untuk menanggulangi banjir Rob ya memang satu-satunya jalan yang harus ditempuh program prioritasnya adalah pembangunan tanggul," tegas Gembong.

"Iya, sambil menunggu pembangunan tanggul, sambil menunggu penyelesaian pembangunan tanggul maka pompa jadi solusi sementara, gitu," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, banjir rob kembali menerjang wilayah pesisir Jakarta. Banjir rob melanda hampir seluruh kawasan Pelabuhan Muara Angke di Pluit, Penjaringan, dan Jakarta Utara sejak Minggu, 25 Desember 2022.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah melakukan antisipasi untuk mengatasi banjir Rob dengan meminta kepada jajarannya untuk segera memaksimalkan keberadaan pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara.
sinpo

Komentar:
BERITATERKINI