Cegah Oligarki, PDIP Dukung Sistem Proporsional Tertutup

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 30 Desember 2022 | 21:24 WIB
Hasto Kristiyanto/PDIP
Hasto Kristiyanto/PDIP

SinPo.id -  PDI Perjuangan (PDIP) mendukung wacana penerapan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024. Sistem ini diyakini bakal mendorong kaderisasi di partai politik (parpol) dan mencegah terjadinya liberalisasi politik.

"Dan selanjutnya memberikan insentif bagi peningkatan kinerja di DPR. Dan pada saat bersamaan karena ini adalah pemilu serentak antara pileg dengan pilpres maka berbagai bentuk kecurangan bisa ditekan, sebab pelaksanaan pemilu menjadi lebih sederhana," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022.

Menurut dia, dalam kondisi sekarang sistem proporsional terbuka menyebabkan liberalisasi politik dan calon terpilih lebih digerakkan oleh paham individu yang mengedepankan popularitas diri. Bahkan, sering tidak berkorelasi dengan kapasitas menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Saya melakukan penelitian secara khusus dalam program doktoral saya di Universitas Indonesia, dimana liberalisasi politik telah mendorong partai-partai menjadi partai elektoral dan kemudian menciptakan dampak kapitalisasi politik, munculnya oligarki politik, kemudian persaingan bebas dengan segala cara," kata Hasto.

Tak hanya itu, Hasto menilai sistem proporsional tertutup bisa menekan biaya pemilu. Sehingga, penghematan yang ada bisa dipakai untuk stimulus pergerakan ekonomi rakyat.

Kendati begitu, Hasto mengingatkan bahwa hal ini menjadi ranah DPR. Dia menegaskan PDIP akan mengikuti konstitusional bahkan tak akan mengajukan judicial review ke MK.

"Judicial review MK merupakan mekanisme konstitusional yang dijamin undang-undang. PDI Perjuangan taat azas karena sebagai Partai yang memiliki fraksi di DPR RI tidak memiliki legal standing untuk melakukan Judicial Review. Namun sikap Partai sebagaimana ditetapkan dalam Kongres V PDIP setuju dengan sistem proporsional tertutup," tegas Hasto.sinpo

Komentar: