Kunjungan Menteri Keamanan Israel ke Masjid Al Aqsa dikecam

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 Januari 2023 | 08:55 WIB
Menteri keamanan nasional Israel, Itamar Ben-Gvir (SinPo.id/Times of Israel)
Menteri keamanan nasional Israel, Itamar Ben-Gvir (SinPo.id/Times of Israel)

SinPo.id -  Kunjungan Menteri keamanan nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, di kompleks masjid Al Aqsa di Yerusalem pada hari Selasa, 3 Januari 2024 kemarin menuai kecaman dan membuat marah rakyat Palestina.

Dalam sebuah rekaman Video, Ben-Gvir yang merupakan politikus sayap kanan terlihat sedang berjalan-jalan di pinggiran kompleks, dikelilingi oleh pengamanan ketat dan diapit oleh sesama Yahudi Ortodoks. Meskipun tidak ada insiden, hal itu tetap berisiko meningkatkan gesekan dengan warga Palestina.

"Temple Mount terbuka untuk semua," kata Ben-Gvir di akun Twitter, menggunakan nama Yahudi untuk masjid Al Aqsa, dilansir dari Reuters, Rabu 4 Januari 2023.

Menanggapi hal itu, para diplomat mengatakan baik Uni Emirat Arab dan China meminta Dewan Keamanan PBB untuk bertemu secara terbuka untuk membahas masalah tersebut.

Wakil Juru Bicara PBB, Farhan Haq, mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, telah menyerukan semua untuk menahan diri dari langkah-langkah yang dapat meningkatkan ketegangan di dalam maupun di sekitar masjid Al Aqsa.

"Setiap tindakan sepihak yang membahayakan status quo situs suci Yerusalem tidak dapat diterima," kata Haq.

Al Aqsa adalah simbol harapan Palestina untuk mengamankan sebuah negara. Namun tujuan tersebut terlihat semakin suram dengan keberadaan  Ben-Gvir dan sekutu sayap kanan lainnya di pemerintahan Netanyahu saat ini.

 sinpo

Komentar: