KPK Tangkap Gubernur Papua Lukas Enembe, Jokowi : Semua Sama di Mata Hukum

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 10 Januari 2023 | 18:11 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait masalah rasuah.

Jokowi menyebut jika semua orang sama dimata hukum. Ia meminta semua pihak menghormati proses penegakan hukum yang dilakukan lembaga antirasuah.

"Ya semua sama di mata hukum. Itu kan proses penegakan hukum yang harus kita hormati," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Selasa 10 Januari 2023.

Jokowi mendukung penangkapan Lukas Enembe oleh KPK. Ia percaya lembaga antirasuah sudah mempunyai bukti yang cukup dalam melakukan penangkapan terhadap Gubernur Papua dua periode tersebut

"Dan saya kira KPK menangkap (Lukas Enembe) pasti sudah punya fakta barang bukti yang ada, itu pasti," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, KPK melakukan penangkapan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe. Ia ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura.

Lukas Enembe kemudian dibawa ke Mako Brimob Kotaraja Papua. Saat ini dikabarkan Lukas Enembe sedang dibawa ke Gedung Merah Putih Jakarta.

Seperti diketahui, Lukas Enembe merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Sebelumnya, dalam kasus ini KPK telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe (LE) sebagai tersangka penerima suap, dan Direktur PT TBP (Tabi Bangun Papua), Rijatono Lakka (RL) sebagai pemberi suap, yang kini sudah resmi ditahan KPK.

 sinpo

Komentar: