Jokowi Dorong Seluruh Cabang Olahraga Lakukan Pembinaan Sejak Dini

Laporan: Sinpo
Jumat, 13 Januari 2023 | 21:33 WIB
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo/ BPMI Setpres

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong seluruh cabang olahraga untuk melakukan pembinaan sejak dari usia dini. Hal tersebut disampaikan Jokowi usai meninjau ajang Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia, di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat, 13 Januari 2023.

“Bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah, entah tingkat kampung, entah tingkat kecamatan, entah tingkat desa semuanya sehingga ada pembinaan,” ujar Jokowi seperti dikutip dari Setkab.

Jokowi juga turut mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang telah melakukan pembinaan serta penjaringan bibit unggul pada cabang olahraga atletik sejak dini. Pasalnya atletik adalah cabang olahraga yang menjadi dasar dari olahraga lainnya.

“Sepakbola tanpa sebuah speed kecepatan lari, kalah, futsal juga perlu atletik, lompat jauh juga perlu atletik, semuanya basic-nya ada di sini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut menyaksikan final atletik putra dan final atletik putri cabang estafet 4x100 meter.

Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia diselenggarakan pada 11 hingga 13 Januari 2023. Cabang yang dipertandingkan yaitu sprint, middle distance, relays, long jump, dan shot put. Kualifikasi dilakukan di sejumlah provinsi yaitu Bali dan Nusa Tenggara, Papua, Yogyakarta, Kalimantan, Jawa Timur, Sumatra Utara, Jakarta dan Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah.
 sinpo

Komentar: