Ijtima Ulama Nusantara Mandatkan Muhaimin Iskandar Menangkan PKB

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 14 Januari 2023 | 20:21 WIB
Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Sigit Nuryadin
Muhaimin Iskandar/ SinPo.id/ Sigit Nuryadin

SinPo.id - Ijtima Ulama Nusantara memandatkan Muhaimin Iskandar untuk memenangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilu 2024. PKB bahkan dipersilakan menentukan arah dan kebijakan politik dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

"Memberikan mandat penuh kepada Gus Muhaimin dalam menentukan arah dan kebijakan PKB, terutama dengan target 100 kursi di DPR RI," kata Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq di Jakarta, Sabtu, 14 Januari 2023.

Maman menjelaskan rekomendasi lainnya, yakni Ijtima Ulama Nusantara akan menjadi forum yang mewadahi seluruh kiai dan Ibu nyai serta para da'i di seluruh Indonesia yang konsen terhadap perpolitikan nasional. 

"Forum ini menjadi tempat bersilahturahmi termasuk juga adu gagasan dan pikiran demi kemajuan Indonesia," ujarnya. 

Maman menegaskan semua peserta dari Ijtima Ulama Nusantara menjadi juru kampanye nasional untuk pemenangan PKB. Dia menegaskan forum juga akan terus mengawal program-program yang diperjuangkan fraksi PKB di DPR RI. 

"Forum merekomendasikan fraksi PKB di DPR mengawal Undang-undang tentang kesejahteraan ibu dan anak," ucap dia. 

Maman mengatakan forum merekomendasikan agar PKB tetap untuk terus memperjuangkan politik para kiai soal kemaslahatan, tentang perlindungan terhadap anak, penghentian kekerasan seksual terhadap perempuan, termasuk juga transparansi keuangan negara. 

"Kami ingin menciptakan sebuah proses demokrasi yang kondusif," kata dia. 

PKB menggelar Ijtima Ulama Nusantara di salah satu hotel di Jakarta pada 13-14 Januari 2023. Acara yang digagas Dewan Syura DPP PKB ini mengusung tema 'Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia'.

Ijtima tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin pada Jumat 13 Januari 2023.sinpo

Komentar: