Partai Gelora Siap Usung Capres-Cawapres dari Internal

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 15 Januari 2023 | 18:30 WIB
Tokoh Partai Gelora, Anis Matta dan Fachri Hamzah/dok: Partai Gelora
Tokoh Partai Gelora, Anis Matta dan Fachri Hamzah/dok: Partai Gelora

SinPo.id -  Partai Gelombang Rakyat (Gelora) berencana mendorong kader internalnya, yakni Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta dan Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah sebagai capres dan cawapres, sebagai Capres dan Cawapres.

"Dinamika capres dan cawapres saat ini masih bergerak dinamis dan cair. Tak hanya partai parlemen, partai baru juga turut serta mendorong kader internal untuk diusung dalam Pilpres 2024," kata Ketua Bapilu Partai Gelora, Rico Marbun, dikutip Minggu 15 Januari 2023.

Menurutnya, partai politik harus berani mendorong kader internalnya untuk maju di kontestasi Pilpres 2024. Menginagt saat ini banyak fenomena parpol yang tak mengusung kader internalnya maju di kontestasi politik.

"Sekarang ini saya melihat, saya menangkap ada upaya sistematis bahwa justru tokoh-tokoh pimpinan parpol yang kita anggap sebagai kader terbaik nomor satu dari partai politik itu dikondisikan seakan akan selalu lemah dibandingkan orang orang luar," ungkapnya.

Padahal, kata Rico, setiap partai politik sudah seharusnya melakukan regenerasi kepemimpinan di ranah nasional. Namun jika hal itu tidak dilakukan, maka menurutnya demokrasi tanah air dapat terus menyusut.

"Jadi kita tidak tahu, kalau menurut saya ini ada benturan. Ada benturan antara figuritas pimpinan parpol dengan opini yang entah dibangun dari mana. Kalau ini dibiarkan terus menerus, itu yang terjadi adalah susutnya kualitas demokrasi," katanya menambahkan.
sinpo

Komentar: