Konferensi Internasional SEACHA Jadi Momentum Promosi Seni Budaya dan Kuliner

Laporan: Sinpo
Selasa, 17 Januari 2023 | 04:57 WIB
Konferensi internasional SEACHA
Konferensi internasional SEACHA

SinPo.id -  Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok memanfaatkan momentum konferensi internasional SEACHA untuk mempromosikan seni budaya dan kuliner Indonesia kepada publik internasional. Pelajar Sekolah Indonesia Bangkok dengan luwes bergerak lincah membawakan tarian nusantara dibalut kostum tradisional Kalimantan Selatan.

Sementara gerakan tari Bali Sisya Calonarang mampu memukau peserta asing bergerak cepat dan dinamis pada malam pembukaan SEACHA Regional Conference yang mengusung tema “Cultural Wisdom for Climate Action: The Southeast Asian Contribution" di Bangkok pada 11 Januari 2023.

Duta Besar Rachat Budiman menilai bahwa momentum ini merupakan salah satu kesempatan untuk lebih mendekatkan kesenian tradisional Indonesia kepada orang asing selain warga Thailand. Selain penampilan budaya, KBRI Bangkok juga menyajikan kuliner makanan kecil tradisional Indonesia pada konferensi tersebut.

Peserta konferensi yang berasal dari perwakilan negara-negara di Asia Tenggara menyampaikan apresiasi positif atas keindahan dan keragaman budaya Indonesia. Pada kesempatan tersebut, mereka mendapat kesempatan untuk memainkan angklung bersama-sama dan memahami perbedaan memainkan alat musik angklung Indonesia dibandingkan alat musik angklung dari Thailand.​

SEACHA (Southeast Asian Cultural Heritage Alliance) Regional Conference adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Siam Society under Royal Patronage dan dimaksudkan untuk memberikan kontribusi dalam menyatukan pemuda dan CSO Asia Tenggara yang bekerja dalam isu warisan budaya dan perubahan iklim.

Pada saat pembukaan kegiatan, hadir Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Deputy Permanent Secretary dan pejabat Kementerian Kebudayaan Thailand serta pakar dan akademisi perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara.sinpo

Komentar: