Discover Jakarta Showcase Tampilkan Seni Budaya Kuliner dan Produk UMKM

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Desember 2023 | 05:35 WIB
Discover Jakarta Showcase (Berita Jakarta)
Discover Jakarta Showcase (Berita Jakarta)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Discover Jakarta Showcase di Hotel Borobudur, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang berlangsung sejak akhir November hingga Desember ini menampilkan berbagai seni budaya kuliner dan produk dari pelaku UMKM pilihan binaan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov DKI Jakarta, Marulina Dewi mengatakan, Discover Jakarta Showcase ini merupakan bagian dari kegiatan Jakarta Showcase. Kegiatan bertujuan memperkenalkan produk UMKM pilihan binaan Pemprov DKI Jakarta di hotel bintang lima.

"Idenya membawa UMKM naik level ke hotel bintang lima. Kegiatan juga menjadi promosi Jakarta," katanya, Sabtu 9 Desember 2023

Dijelaskan Dewi, Discover Jakarta Showcase di Hotel Borobudur digelar secara indoor dan outdoor. 

Kegiatan indoor dilaksanakan di area foyer hotel dengan menampilkan 12 UMKM binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai 25 November hingga 28 Desember nanti.

Sedangkan kegiatan outdoor digelar di backyard Hotel Borobudur menampilkan beragam kegiatan seperti talkshow, workshop, penampilan seni budaya dan bazar 22 pelaku UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah (PPKUKM). Kegiatan outdoor dilaksanakan.sejak 2 hingga 23 Desember nanti.

Dilanjutkan Dewi, selain mengenalkan dan menaikkan level UMKM, kegiatan ini juga sebagai upaya menyongsong Jakarta sebagai kota global. Ke depan, Dewi mengaku menyasar kegiatan serupa di seluruh hotel bintang lima  di DKI Jakarta.

"Kami mengapresiasi Hotel Borobudur yang mau berkolaborasi. Apalagi kegiatan dilaksanakan selama sebulan penuh selama peak season kunjungan," tegasnya.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Alo,  mengapresiasi inisiasi yang dilakukan Biro KSD Setda Pemprov DKI Jakarta. Diharapkannya, penampilan para UMKM di hotel bisa menjaring relasi dan pasar mereka di level atas.

"Kegiatan di hotel bintang lima ini akan memperluas pasar UMKM sehingga mereka bisa naik kelas hingga go internasional," ujarnya.

Sementara, GM Hotel Borobudur, Renzo Maria, mengaku sangat antusias mendukung kegiatan yang memberikan kesempatan pada pelaku UMKM menampilkan produk mereka di hotel yang dikelolanya. 

Sebelum ini, ungkap Renzo,  pihaknya juga telah memberikan kesempatan ke pada sejumlah daerah di Indonesia menampilkan produk UMKM dan seni budaya mereka kepada para tamu lokal serta mancanegara yang menginap.

"Ini merupakan komitmen kami terhadap UMKM. Ke depan kami juga siap lebih banyak lagi berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta," tandasnya.sinpo

Komentar: