DPR Sentil Komnas HAM: Jangan 'Genit', Utamakan Substansi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 18 Januari 2023 | 18:04 WIB
Arteria Dahlan/Parlementaria
Arteria Dahlan/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menyentil kerja Komnas HAM. Para komisioner Komnas HAM dinilai 'genit' terhadap kasus-kasus yang disorot publik.

"Kami menaruh harapan besar, kesalahan-kesalahan di periode kemarin itu tidak terulang. Tadi beberapa teman sudah mengatakan, jaga kekompakan, jangan genit, kemudian utamakan substansi," kata Arteria dalam rapat kerja Komisi III bersama Komnas HAM di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Arteria mencontohkan 'kegenitan' Komnas HAM terjadi pada kasus dugaan pembunuhan berencana yang menyeret mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Politikus PDI Perjuangan ini bahkan menyindir jika kasus-kasus yang viral bakal ditangani Komnas HAM.

"Pahami tugas, Ibu Ketua dan jajaran, bagaimana mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan HAM. Jangan kemarin ada Sambo, genit, ada kasus Morowali, genit, kalau begitu nanti saya minta semuanya ini dikerjakan sama Komnas HAM," ujarnya.

Dalam rapat itu, Arteria menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait 12 pelanggaran HAM berat. Komnas HAM diminta lebih mengutamakan korban pelanggaran HAM berat daripada pelakunya.

"Kita berharap Komnas HAM ini, kami apresiasi Pak Jokowi dan teman-teman Komnas HAM, ini yang diutamakan, ngapain kejar pelaku? Korbannya itu diselamatkan dulu, nanti kalau ada buktinya bisa dikerjakan, dikejar," kata dia.sinpo

Komentar: