Dewan Pers SinPo

DPR Desak Menperin Tak Takut dengan Menteri Investasi dan Menkomarinvest

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 24 Januari 2023 | 13:05 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mendesak Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menjalankan fungsi pengawasan kepada seluruh perusahaan smelter secara profesional. Ia meminta agar Menperin tidak takut dan sungkan kepada Menteri Investasi atau pun Menkomarinvest, saat menghadapi perusahaan yang dinilai lalai menjalankan prinsip keselamatan dan keselamatan kerja.

"Menperin tidak boleh takut, karena pengawasan smelter adalah kewenangan Menperin yang merupakan amanat undang-undang dan menjadi tugas pokok dan fungsi Kemenperin," kata Mulyanto, 24 Januari 2023.

Menurut Mulyanto, yang berwenang sekaligus bertanggung-jawab soal smelter adalah Menperin. Sehingga kewenangan memberikan izin dan pengawasan smelter ada di tangan Menperin, bukan Menteri Investasi atau Menkomarinvest.

"Apalagi kasusnya sudah genting. Kebakaran smelter nikel PT GNI yang menewaskan dua orang pekerja berlanjut menjadi bentrokan antara kelompok pekerja lokal dengan TKA, yang menimbulkan tiga orang korban tewas," kata Mulyanto menjelaskan.

Ia juga menyebut teknologi smelter yang digunakan PT GNI diduga sudah usang. Sehingga tidak ramah lingkungan dan berisiko tinggi bagi keamanan serta keselamatan pekerja dan lingkungan. Hal itu menjadi alasan agar smelter itu perlu diperiksa dan diawasi, bukan hanya untuk smelter PT GNI, tetapi juga smelter-smelter lainnya,

“Untuk memastikan agar kejadian ledakan smelter tersebut tidak terulang," katanya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER
07