Gelar Patroli Siber, Polri Identifikasi Peningkatan Komen Pro-Kontra Jelang Pemilu

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:03 WIB
Ilustrasi patroli siber/ Pixabay
Ilustrasi patroli siber/ Pixabay

SinPo.id - Bareskrim Polri melalui Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) menyebut bahwa menjelang Pemilu 2024 dan memasuki tahun politik akan mulai melakukan patroli siber. Hal itu lantaran meningkatnya komentar pro dan kontra di media sosial (medsos).

"Memang kita dari patroli siber sudah mengidentifikasi ada peningkatan komen-komen yang pro dan kontra," ujar Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol, Sabtu, 28 Januari 2023.

Menurut Reinhard, pihaknya selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan stakeholder lainnya ketika tahun politik, tak terkecuali pada pemilu 2024.

Dalam patroli siber, Polri bekerjasama dengan kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mempunyai kewenangan memblokir konten yang memiliki unsur pidananya.

"Nah, di Indonesia yang punya otoritas untuk memblokir adalah Kominfo. Bukan dari kami. Jadi itu lah, atas masukan dari kami dan beberapa stakeholder yang lain konten bisa diblokir," tuturnya.

Diketahui Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Gatot Repli Handoko sebelumnya menyampaikan, Polri memprediksi kabar bohong atau hoax terkait Pemilu 2024 mulai gencar disebarkan ke publik pada pertengahan 2023. Untuk itu, Polri tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi tersebut.sinpo

Komentar: