Kemensos Diminta Terjunkan Relawan untuk Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 Februari 2023 | 17:27 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf/ Parlementaria
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf/ Parlementaria

SinPo.id - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos), diminta untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Turki, khususnya relawan yang dapat membantu mengevakuasi korban yang tertimpa reruntuhan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, dalam rapat kerja bersama Kemensos, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 8 Februari 2023.

"Selain memberi bantuan logistik, kami juga mendorong Kemensos menerjunkan relawan terampil untuk membantu evakuasi korban yang tertimpa reruntuhan bangunan, mengingat hal itu menjadi salah satu kebutuhan yang urgent saat ini,” kata Bukhori.

Pasalnya, ia menyebut Pemerintah Turki selama ini juga turut andil dalam soal kemanusiaan bagi rakyat Indonesia, khususnya ketika sejumlah wilayah di Indonesia dilanda musibah yang menelan banyak korban jiwa.

“Penerjunan relawan ke sana adalah bentuk kehadiran negara melindungi warga negaranya sekaligus wujud peran proaktif Indonesia yang pernah menjabat sebagai Presidensi G20 menjalankan misi kemanusiaan dalam konteks global," ungkapnya.

Karena seperti yang diketahui, Turki telah banyak mengirimkan bantuan kepada Indonesia, mulai dari bantuan untuk musibah Tsunami di Aceh, gempa di Palu, dan belum lama ini juga musibah gempa di Cianjur.

"Untuk itu, atas nama kemanusiaan, kami mendukung Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan dan relawan ke sana,” kata Bukhori menambahkan.sinpo

Komentar: