Demokrat Sebut Anies Diseret ke Korupsi Formula E Gegara Jadi Capres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 09 Februari 2023 | 16:29 WIB
Benny K Harman/Parlementaria
Benny K Harman/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Benny K Harman menyebut jika keterlibatan nama Anies Baswedan dalam dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E berbau kepentingan politik.

Apalagi, Anies Baswedan telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Ini disampaikan Benny dalam rapat Komisi III DPR RI dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, nama Anies tidak akan diseret dalam pusaran rasuah itu jika tak menjadi bacapres.

"Kalau pemilu ditunda, ini persoalan politik tadi  misalkan soal Anies Formula E, ini kan akibat ini, jadi tersangka atau tidak ini kan akibat pemilu dalam waktu dekat ini, coba pemilu jadi 2027 mungkin enggak ada isu ini," kata Benny dalam ruang rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

Kendati begitu, Demokrat sebagai salah satu partai politik (parpol) pengusung Anies sebagai capres menghormati proses hukum yang berjalan di KPK.

"Tapi saya setuju dengan Bapak Presiden Jokowi, kita hormati proses hukum, apa pun itu silakan," ujarnya.

Di sisi lain, Benny mengingatkan agar KPK benar-benar mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang diambil. Khususnya, jika dalam mengusut keterlibatan Anies dalam kasus tersebut.

"Jangan lupa, pertanggungjawaban. Silakan tapi pertanggungjawabkan," ujarnya.

KPK sejauh ini masih mengusut dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Komisi Antirasuah tengah membidik sejumlah pihak, salah satunya Anies Baswedan dalam kasus ini.
sinpo

Komentar: