JakPro Targetkan Pembangunan LRT Fase 1B Rampung 2024

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 10 Februari 2023 | 19:25 WIB
LRT Jabodetabek/SinPo.id/Ashar
LRT Jabodetabek/SinPo.id/Ashar

SinPo.id -  PT Jakarta Propertindo (JakPro) menargetkan proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai ditargetkan selesai pada akhir 2024.

VP Corporate Secretary PT Jakpro mengatakan pengerjaannya sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang bakal menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik di Ibu Kota

"LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta-sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik," kata Syahrial Syarif dalam keterangannnya, Jumat 10 Februari 2023.

Syahrial menjelaskan, rute fase 1B ini secara rinci akan mencapai jarak 6,4 kilometer (km) dengan terdapat lima stasiun. Adanya LRT ini ditargetkan dapat membawa 180.162 penumpang, atau minimal 80.000 -100.000 penumpang per hari, dengan target konstruksi awal dimulai pada paruh pertama 2023.

Percepatan proyek ini juga sebagai upaya pengentasan kemacetan melalui ketersediaan banyak pilihan moda transportasi publik dengan menggalakkan angkutan umum di Jakarta.

"PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (“Jakpro”) bersama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas terkait serta Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) terus berkoordinasi dalam melakukan upaya pengentasan kemacetan," ujarnya.

Melalui ketersediaan banyak pilihan moda transportasi publik, pihak Kemenhub berharap, upaya yang dilakukan oleh DKI Jakarta dapat menjadi contoh untuk kota-kota lain.

"Fitur operasional LRT Jakarta pada Fase 1A rute Velodrome - Kelapa Gading saat ini pun telah ditingkatkan agar seluruh kalangan masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman," tandasnya.

Pengguna transportasi publik sendiri saat ini mencapai kurang lebih 1 juta pengguna per hari. Pemprov DKI Jakarta pun menargetkan, pada 2030, sebesar 60 persen mobilitas masyarakat Jakarta menggunakan moda transportasi umum.sinpo

Komentar: