Koalisi Partai

PDIP Pastikan Tak Merapat ke Koalisi Perubahan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 16 Februari 2023 | 17:11 WIB
Masinton Pasaribu (SinPo.id/Dok)
Masinton Pasaribu (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menegaskan partainya menolak bergabung ke Koalisi Perubahan yang sebelumnya diinisiasi Partai NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia menjelaskan untuk Pemilu 2024, partainya tak menutup pintu bergabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Kalau dengan kondisi perubahan kayaknya  mohon maaf bang," kata Masinton dalam diskusi Koordinatoriat Wartawan Parlemen bertajuk 'Safari Elite Politik dan Pesan Damai Pemilu 2024' di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

Menurut Masinton, ada sejumlah faktor partai besutan Megawati Soekarnoputri itu ogah melirik Koalisi Perubahan. Salah satunya, koalisi pemerintahan diklaim sudah lebih dulu melakukan perubahan yang digadang-gadang oleh koalisi NasDem-Demokrat-PKS tersebut.

"PDI perjuangan bersama dengan teman-teman dalam koalisi pemerintahan Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo), sudah melangkah perubahan, jadi dalam fase periode pertama 2014-2019 dan sekarang 2019 ke 2024 ini,” ujar Masinton menjelaskan.

Masinton menilai proses-proses atau syarat pembentukan KKIR dan KIB sudah sesuai alur bahkan senapas dengan PDIP, misalnya membangun koalisi kemudian mengusung Capres-Cawapres. Hal itu berbeda dengan NasDem-Demokrat-PKS yang mengusung capres baru membentuk koalisi.

"Syarat-syaratnya juga terpenuhi, baik KIR dan KIB menurut saya sudah sangat ideal, dalam membangun koalisi tidak menyodorkan orang dulu baru ngejajakin koalisi,” ujar Masinton  menegaskan.

Menurut dia,  KIR dan KIB mengejar memenuhi syarat 20 persen dulu, baru bicara orang.

 sinpo

Komentar: