Banjir Surut, Ratusan Warga Joyotakan Solo Akhirnya Pulang Ke Rumah

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 18 Februari 2023 | 15:29 WIB
Kondisi pengungsian di Surakarta sebelum para ditinggal para pengungsi/Dok: BNPB
Kondisi pengungsian di Surakarta sebelum para ditinggal para pengungsi/Dok: BNPB

SinPo.id -  Ratusan warga yang terdampak korban banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu 18 Februari 2023 sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Warga Joyotakan sebelumnya mengungsi di sekolahan negeri setempat, tetapi setelah kondisi air surut sekitar pukul 11.00 WIB, mereka kembali ke rumah masing-masing untuk bergotong-royong membersihkan jalan dan rumahnya dari sisa sampah yang terbawa banjir beberapa waktu lalu.

Mengutip dari kantor berita Antara, warga yang mengungsi sudah kembali semua ke rumah masing-masing.

Mereka langsung bergotong-royong membersihkan rumah, dan mengumpulkan sampah. Sampah kemudian dibawa truk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta.

Dia menjelaskan banjir di Joyotakan yang terjadi sejak Kamis, 16 Februari 2023 petang, air naik cukup cepat hingga kedalaman sekitar 170 meter, sehingga ratusan warga mengungsi di tempat yang aman. Namun, kata dia, Alhamdulillah banjir sudah surut dan warga sudah kembali ke rumah.

Banjir tahun ini merupakan yang terparah setelah 2007. Biasanya banjir tidak sampai masuk rumah hanya sampai jalan kampung saja. Kali ini air masuk rumah.

Warga berharap Pemkot Surakarta bisa memperbaiki pompa air supaya banjir tidak terjadi.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta jumlah pengungsi di SD Negeri Joyotakan awalnya mencapai 800 jiwa. Kemudian, seiring surutnya air banjir surut warga sudah banyak kembali ke rumah masing-masing. sinpo

Komentar: