Jokowi Sebut Zainudin Amali Sudah Mundur Secara Informal dari Menpora

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Februari 2023 | 13:21 WIB
Menpora Zainudin Amali/Kemenpora
Menpora Zainudin Amali/Kemenpora

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Zainudin Amali sudah mengajukan pengunduran diri secara informal sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Pengunduran diri itu menyusul terpilihnya Zainudin Amali sebagai Wakil Ketua Umum I  Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Secara resmi belum. Tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Kali Ciliwung di Jakarta Timur, Selasa 21 Februari 2023.

Akan tetapi, Jokowi menegaskan belum memutuskan siapa yang akan disiapkan sebagai pengganti Menpora. Keputusannya akan diumumkan ketika Zainudin Amali sudah mengajukan pengunduran secara resmi.

"Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara," ujarnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali bersama pengurus PSSI termasuk Ketua Umum terpilih Erick Thohir bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin kemarin, 20 Februari 2023.

“Jadi, saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola mendampingi Erick Thohir,” ujarnya di Istana Negara.

Namun, Wakil Ketua Umum I PSSI itu masih enggan menjelaskan posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di kabinet Indonesia Maju.

"Ya, kalian terjemahkan sendiri. Intinya saya bilang ke presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola dan presiden mempersilakan," ungkapnya.

Seperti diketahui, Zainudin Amali terpilih menjadi Waketum PSSI 1 bersama Ratu Tisha sebagai Waketum PSSI 2 setelah pemilihan pada KLB PSSI. Mereka mendampingi Erick Thohir sebagai Ketum PSSI.
sinpo

Komentar: