Tambang Batu Bara di China Longsor, 5 Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 Februari 2023 | 09:36 WIB
Kondisi tambang di China/Xinhua
Kondisi tambang di China/Xinhua

SinPo.id -  Sebuah kamera pengintai milik negara China, berhasil menangkap longsornya tambang batu bara di wilayah Mongolia Dalam, yang menewaskan sedikitnya lima orang, membuat enam orang terluka, dan menyebabkan 48 orang lainnya hilang.

Rekaman tersebut menunjukkan detik-detik longsornya tambang, yang menelan sejumlah penambang beserta truk yang ada di lokasi. Tambang yang longsor di Liga Alxa Mongolia Dalam, menyisakan tumpukan pasir dengan lebar sekitar 500 meter dan tinggi 80 meter.

Pasca peristiwa tersebut, ratusan penyelamat dengan backhoe dan buldoser menggali berton-ton tanah dan puing-puing tambang untuk mencari puluhan orang yang hilang. Namun kondisi di daerah tersebut masih berbahaya, dan pencarian harus dihentikan selama beberapa jam karena tanah longsor kedua.

Kepala Operasi Penyelamatan, Chang Zhigang, mengatakan tim penyelamat menggunakan peralatan penggali berat dan kamera yang bisa masuk ke dalam puing-puing, bersama dengan teknologi dan peralatan pencitraan termal untuk mendeteksi tanda-tanda vital.

"Para kru sangat berhati-hati untuk menghindari lebih banyak bencana sekunder. Kami akan terus meningkatkan kekuatan penyelamat, berpacu dengan waktu, dan melakukan yang terbaik untuk mencari dan menyelamatkan nyawa setiap orang yang terjebak," kata Chang, dilansir dari ABC, Jumat 24 Fenruari 2023.

Seperti diketahui, Mongolia Dalam merupakan wilayah utama untuk penambangan batu bara serta berbagai mineral dan tanah jarang yang menurut para kritikus, telah merusak lanskap pegunungan, stepa berumput, dan gurun di kawasan itu.

Namun, China sangat bergantung pada batu bara untuk pembangkit listrik, tetapi telah mencoba mengurangi jumlah kecelakaan tambang yang mematikan melalui penekanan yang lebih besar pada keselamatan dan penutupan operasi kecil.sinpo

Komentar: