34 Orang Sembuh dari Covid-19 Varian Orthrus

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Februari 2023 | 13:13 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay

SinPo.id -  Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut sebanyak 34 orang yang terpapar virus Covid-19 subvarian atau varian baru Orthrus sudah kembali pulih.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan dari jumlah itu, sebanyak 21 orang di antaranya berdomisili di Jakarta. Sementara 13 orang lainnya berasal dari luar Jakarta.

"Semua sudah sembuh dan tidak ada yang meninggal / dirawat di rumah sakit (RS). Terakhir ditemukan positif PCR-nya tanggal 9 februari dan sudah sembuh," kata Ngabila dalam keterangannya, Selasa 28 Februari 2023.

Ngabila menjelaskan, 10 persen dari total 34 orang yang terpapar Covid-19 subvarian Orthrus itu belum di vaksinasi sama sekali. Kemudian, 15 persen sudah vaksinasi dosis dua dan 75 persen sudah vaksinasi dosis tiga.

"25 persen tanpa gejala, 75 persen bergejala ringan," ujarnya.

Sementara itu, dari 34 orang yang positif varian Orthrus, 28 di antaranya adalah orang dewasa, lima orang lanjut usia (lansia) dan satu orang balita.

Selain itu, Ngabila menjamin situasi Covid-19 di Jakarta saat ini sangat terkendali. Sebab, kenaikan kasus tak disertai kenaikan kematian maupun perawatan rumah sakit yang signifikan.

"Perlu tetap dipantau 2 minggu ke depan, kemungkinan besar kita sudah melalui puncak gelombang Kraken (XBB.1.5) pada 13-19 Februari 2023 kemarin. Karena kadar imunitas yang tinggi dan cukup merata yang memungkinkan Kraken, bf.7, atau varian Omicron lainnya tidak berkembang dominan di Indonesia," tandasnya.

Sebagai informasi, varian baru Covid-19 Orthrus telah terdeteksi di sejumlah negara dan meresahkan pakar karena mampu menyebar dengan cepat sehingga rentan terjadi lonjakan kasus.

Virus subvarian Orthrus sendiri telah terdeteksi di 66 negara termasuk Amerika Serikat, Thailand, India, Cina dan Australia serta Inggris. Di antara mereka, Kraken dan Orthrus sekarang merupakan 40 persen dari semua kasus Covid di Inggris, menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

Angka terbaru menunjukkan kasus Covid terus menurun di Inggris, tetapi tidak di antara anak usia sekolah. Namun para peneliti di Ohio State University mengatakan kemampuan Orthrus untuk menghindari kekebalan adalah 'luar biasa'.sinpo

Komentar: