Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Butuh Obat-obatan

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 05 Maret 2023 | 15:38 WIB
Suasana kamp pengungsi/BPBD DKI
Suasana kamp pengungsi/BPBD DKI

SinPo.id -  Batuan makanan untuk pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang ditampung di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) cukup untuk beberapa hari mendatang dan kebutuhan yang paling mendesak adalah obat-obatan.

"Kami bisa katakan bantuan makanan saat ini cukup ya, cukup untuk korban pengungsi sampai empat hari ke depan," kata Ketua PMI Jakarta Utara Rijal di Jakarta Utara, Minggu, 5 Maret 2023.

Rijal mengatakan, saat ini bantuan yang sangat dibutuhkan adalah obat-obatan. "Terutama obat-obatan untuk penyakit yang spesifik dalam bentuk antibiotik maupun antihistamin," katanya.

Terkait pemulihan trauma, khususnya kepada anak-anak korban kebakaran, PMI menjalankannya di lokasi pengungsian setiap hari ketika waktu kondusif. Seperti pada Sabtu, 4 Maret 2023 dilakukan selepas makan siang sekitar pukul 13.20 WIB.

Rijal menilai pemulihan trauma itu penting, khususnya bagi anak-anak. "Karena anak-anak masih memiliki memori yang bersih maka mereka dapat terus mengenang kejadian buruk yang menimpanya hingga dewasa," katanya.

Pemulihan trauma dilaksanakan instruktur dengan mengajak anak-anak berkumpul dan bermain bersama secara interaktif. Instruktur pemulihan trauma turut berbaur bersama mereka.sinpo

Komentar: