Update Banjir Kab Kudus: 2 Lokasi Pengungsian Sudah Kosong

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 20 Maret 2024 | 15:15 WIB
Posko Bencana Desa Jati Wetan di Kabupaten Kudus (Sinpo.id/BNPB)
Posko Bencana Desa Jati Wetan di Kabupaten Kudus (Sinpo.id/BNPB)

SinPo.id - Sekretaris BPBD Kab Kudus, Noor Khamid menjabarkan kondisi terkini bencana banjir yang melanda wilayah Kudus Jawa Tengah dan sekitarnya.

Dikatakan Noor Khamid saat ini berdasarkan pantauan di lapangan terdapat dua lokasi pengungsian yang mulai ditinggal para pengungsi.

Hal ini terjadi lantaran sejumlah wilayah di Kudus mulai mengalami penurunan tinggi genangan dan beberapa lokasi banjir diantaranya mulai surut.

Hal ini disampaikan Noor Khamid dalam siaran langsungnya di BNPB TV yang dipantau Sinpo.id, Rabu, 20 Maret 2024.

"Update terakhir siang ini beberapa siang ini beberapa lokasi ada yang mengalami penurunan genangan dan ada yang sudah surut, sehingga ada 2 lokasi pengungsian yang sudah pengungsinya sudah pada pulang," kata Noor Khamid.

Lebih jauh Noor Khamid menjelaskan, berdasarkan data sebelumnya ada 15 dapur umum yang disediakan tim BPBD Kab Kudus beserta para stakeholder terkait.

Sehubungan adanya 2 lokasi pengungsian yang kosong ditinggal para pengungsi, jumlah dapur darurat itupun berkurang. 

"Dari 15 dapur umum juga sudah selesai 2 dapur umum," jelas dia.

Namun demikian, saat ini jumlah pengungsi bencana banjir di Kudus masih cukup tinggi. Pasalnya, Kudus juga menerima pengungsi lain dari wilayah terdampak bajir di sekitarnya, salah satunya pengungsi dari Demak.

"Dampak banjir kab kudus ada sebanyak 821 KK atau 3.341 jiwa mengungsi di beberapa lokasi pengungsian, kab Kudus juga menampung warga kab Demak dengan jumlah 2ribu jiwa atau 500 KK. Total pengungsi  kab Kudus sekarang ada 1.321 KK atau 5.341 jiwa," tukas Noor Khamid.sinpo

Komentar: