Wujudkan Reformasi Birokrasi Anggaran, Kemenkeu Luncurkan Aplikasi Krisna-Sakti

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 Maret 2023 | 15:35 WIB
Menkeu Sri Mulyani/Bareksa
Menkeu Sri Mulyani/Bareksa

SinPo.id -  Kementerian Keuangan bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meluncurkan sebuah aplikasi yang disebut Krisna-Sakti, dengan tujuan mereformasi birokrasi anggaran.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, selama ini terdapat 13 kali prosedur yang digunakan terkait birokrasi alokasi anggaran, sehingga diluncurkan aplikasi Krisna-Sakti yang berhasil disederhanakan menjadi delapan.

“Tapi kalau ini menjadi full interoperable dan kemudian menyederhanakan proses-proses yang repetitif itu baru namanya reformasi,” kata Menkeu Sri Mulyani, Selasa 14 Maret 2023.

Ia berharap, aplikasi yang diluncurkan tersebut dapat mempersingkat waktu dan memperbaiki proses alokasi anggaran secara signifikan, untuk melakukan reformasi dari regulasi dan birokrasi di lingkungan pemerintahan.

“Betapa lamanya birokrasi itu berubah dragging that fit. Kakinya tuh berat banget untuk melangkah memperbaiki, nah ini pelajaran yang sangat penting. Yang kita lakukan baik, tapi yang baik itu tidak memadai," paparnya.

Oleh karena itu, kata Menkeu, perlu adanya dukungan dan dorongan terhadap penyederhanaan seluruh proses alokasi anggaran, agar dapat dipergunakan untuk mencapai kemakmuran masyarakat termasuk dalam mengatasi masalah stunting, kemiskinan, dan inflasi di Indonesia.

“Jadi makin kita bisa menggunakan anggaran secara baik pasti masyarakat bisa merasakan manfaat dan perekonomian kita bisa menjadi tumbuh dan memiliki daya tahan dihadapkan pada situasi global yang betul-betul sekarang ini bukan situasi biasa-biasa saja," ungkapnya.

"Bahkan turbulensi dan ketegangan serta berbagai kondisi dunia yang tidak mudah masih terjadi, jadi kita juga harus waspada,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: