Zelensky Anugerahkan Gelar Pahlawan ke Tentara Ukraina yang Diduga Dieksekusi Rusia di Depan Kamera

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 15 Maret 2023 | 14:34 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Instagram)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Instagram)

SinPo.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menganugerahkan Oleksandr Matsiievskyi sebagai pahlawan Ukraina. Matsiievskyi merupakan seorang tentara yang diduga dieksekusi di depan kamera minggu lalu setelah ditangkap oleh pasukan Rusia.

"Hari ini saya menganugerahkan gelar Pahlawan Ukraina kepada Oleksandr Matsiievskyi, seorang prajurit. Untuk keberaniannya, untuk kepercayaannya di Ukraina dan untuk 'Kemuliaan bagi Ukraina' ,” kata Zelenskyy dikutip dari Anadolu, Rabu, 15 Maret 2023.

Dia juga melanjutkan bahwa prajurit tersebut selamanya akan dikenal dan dikenang oleh semua orang Ukraina.

Sebelumnya, Layanan Keamanan Negara Ukraina (SBU) mengonfirmasi bahwa Matsiievskyi adalah orang yang ditembak setelah "serangkaian tindakan investigasi, yang mencakup komunikasi dengan kerabat dan kerabat almarhum, serta pemrosesan materi foto dan video."

"Selain itu, SBU menerima kesimpulan dari pemeriksaan potret forensik, yang mengonfirmasi bahwa tentara dalam video tersebut adalah Oleksandr Matsiievskyi," kata badan keamanan tersebut dalam sebuah pernyataan melalui Telegram.

Pasukan darat Ukraina sebelumnya menyatakan bahwa informasi awal mengidentifikasi orang yang ditembak adalah Tymofiy Mykolayovych Shadura, seorang prajurit dari brigade mekanik terpisah ke-30 yang dianggap hilang sejak 3 Februari.

Senin lalu, video berdurasi 12 detik muncul di media sosial yang menunjukkan dugaan eksekusi seorang tentara Ukraina.

Tentara yang ditangkap tersebut tidak bersenjata dan menolak untuk melepas lencananya dengan bendera Ukraina dan kemudian ditembak setelah mengatakan: "Glory to Ukraine!"sinpo

Komentar: