Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina Dumai Terbakar

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 02 April 2023 | 03:41 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay

SinPo.id -  Dentuman keras disertai getaran kuat diduga berasal dari Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Provinsi Riau, terjadi pada Sabtu malam,1 April 2023 sekitar pukul 22.40 WIB, hingga mengakibatkan kebakaran.

Dari pantauan di Dumai, Sabtu, warga terdekat kilang minyak yang berada Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas berhamburan keluar rumah. Ratusan warga berdesakan di pintu gerbang kilang minyak untuk melihat kondisi sebenarnya.

Penjagaan kilang minyak Pertamina Dumai saat itu langsung diperketat oleh petugas kepolisian dan TNI untuk memblokir warga yang mendekat.

Selain itu, terpantau arus lalu lintas di sekitar kilang minyak di Jalan Putri Tujuh menjadi macet total karena banyak kendaraan berhenti.

Sejumlah unit pemadam kebakaran dan ambulans mondar-mandir melaju dengan kecepatan tinggi di dalam areal kilang minyak.

Banyak warga melaporkan terdengar bunyi letupan keras berdentum dan menggetarkan perabotan rumah. Dilaporkan juga ledakan terdengar juga sampai ke Pulau Rupat.

Masjid Takwa di Jalan Sudirman Dumai juga terdampak akibat insiden di dalam kilang minyak Dumai ini.

Area Manager Comm Rel & CSR, Agustiawan memastikan bahwa api berhasil dilendalikan pada pukul 22:54 WIB.

"Penyebab kejadian belum dipastikan, terdapat lima orang yang terdampak di ruang operator dan saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai," kata Agustiawan, Minggu, 2 April 2023.sinpo

Komentar: