PILPRES 2024

Elektabilitas Prabowo Terus Meroket, Begini Kata Jokowi

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 02 April 2023 | 13:57 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung elektabilitas Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang terus naik pada hasil survei terbaru. Menurutnya kenaikan elektabilitas merupakan buah dari kerja keras Prabowo dan Gerindra, bukan karena sering terlihat bersamanya saat kunjungan kerja.

"Tadi disinggung mengenai pak prabowo yang naik elektabilitasnya, saya pikir-pikir naiknya elektabilitas beliau itu bukan karena saya, enggak. Ya karena beliau sendiri (Prabowo) dan Gerindra," kata Jokowi di kantor DPP PAN di Jakarta, Minggu 2 April 2023.

Jokowi memaparkan, kenaikan keterpilihan Prabowo dalam survei elektabilitas itu membuat beberapa Ketum partai lain di koalisi pendukung pemerintah juga ingin diajak untuk ikut dalam kunjungan kerjanya ke daerah-daerah di Indonesia.

Mantan Wali Kota Solo itu pun berseloroh kepada Ketum PAN sekaligus Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan untuk ikut dengannya pada kunjungan kerja berikutnya.

"Sudah bulan besok (Zulhas) tiga kali sama saya. Sebetulnya urusan yang saya sering lakukan itu kan ke pasar memang cocoknya itu dengan Pak Zulkifli, tapi enggak tahu, yang sering minta diajak itu Pak Prabowo, Pak Zulkifli diam-diam saja," ujarnya.

Namun begitu, Jokowi menyebut jika tidak ada pengaruhnya antara sering terlihat bersamanya dengan naiknya elektabilitas seseorang. Justru kompetensi dan kapabilitas sosok tersebut lah yang membuat mereka dapat semakin dipandang masyarakat.

"Tapi kalau pak Zul diajak, pastinya yang lain juga diajak. Meskipun efeknya enggak ada, ya karena beliau-beliau sendiri lah," tandasnya.sinpo

Komentar: