Blinken Desak Rusia Bebaskan Jurnalis AS yang Ditahan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 04 April 2023 | 09:56 WIB
Evan Gershkovich/SinPo.id/Dokumen Pribadi
Evan Gershkovich/SinPo.id/Dokumen Pribadi

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mendesak Menteri Luar Negeri Rusia untuk membebaskan Evan Gershkovich, seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) yang ditahan minggu lalu atas tuduhan spionase. Menurutnya, penahanan tersebut tidak dapat diterima.

Selain itu, selama panggilan telepon, Blinken juga meminta Rusia untuk memastikan pembebasan segera jurnalis dan mantan Marinir Paul Whelan, yang juga ditahan atas tuduhan spionase di Rusia, tambah pernyataan itu.

Dalam panggilan telepon, Kementerian Luar Negeri Rusia Lavrov menjawab permintaan Blinken dengan mengatakan Washington tidak boleh mempolitisasi penangkapan tersebut dan pengadilan akan segera menentukan nasib Gershkovich.

Dilansir dari VoA, panggilan telepon tersebut merupakan momen kontak langsung yang langka antara Blinken dan Lavrov, yang tidak melakukan komunikasi reguler sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Seperti diketahui, Gershkovich merupakan reporter The Wall Street Journal yang ditahan di Yekaterinburg, sebuah kota yang berada sekitar 800 mil dari ibu kota Rusia, atas tuduhan spionase. Namun, Pemimpin Redaksi Wall Street Journal, Emma Tucker, membantah tuduhan tersebut.

"Tindakan Rusia sepenuhnya tidak dapat dibenarkan. Gershkovich adalah anggota pers bebas yang sampai dia masih mengumpulkan berita," kata Tucker dalam pesan yang dibagikan oleh departemen komunikasi Journal.
sinpo

Komentar: