SERANGAN DI MOSKOW

Dasco Kutuk Keras Serangan ke Gedung Konser di Rusia

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 24 Maret 2024 | 20:39 WIB
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Dasco mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di Crocus City Hall yang terletak di Krasnogorsk, sebuah kota di barat ibu kota Rusia, Moskow. Dalam insiden tersebut, ratusan warga meninggal dunia.

"Kami ucapkan duka cita yang mendalam. Semoga rakyat Rusia dapat melewati hari-hari ke depan dengan tabah," kata Dasco dalam keterangannya, Minggu, 24 Maret 2024.

Menurut Dasco, aksi terorisme tak dapat dibiarkan. Dia berharap para pelaku aksi teror di Rusia dapat ditindak tegas.

"Kejadian ini di manapun tidak dapat dibiarkan dan harus ditindak tegas. Karena aksi-aksi brutal seperti itu tidak dibenarkan, dan sangat merugikan seluruh bangsa di dunia," ucap dia.

Sebagai negara sahabat, kata Dasco, Indonesia berdoa agar Rusia dapat segera bangkit dari aksi teror tersebut.

"Kami berharap semoga rakyat Rusia dapat melalui hal ini dengan baik untuk ke depannya," katanya.

Sebelumnya, sekelompok pelaku serangan tersebut melepaskan tembakan secara acak ke orang-orang di Crocus City Hall sebelum dimulainya sebuah konser. Dilaporkan juga telah terjadi ledakan dan kebakaran yang menghancurkan sepertiga gedung teater tersebut.

Aparat keamanan yang terdiri dari pasukan gerak cepat Rosgvardia (SOBR), polisi anti huru-hara (OMON), serta pemadam kebakaran dan tim paramedis dengan 50 ambulans diterjunkan untuk mengevakuasi korban aksi teror itu dan mengamankan lokasi kejadian.

Merespons kejadian itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa terhadap semua korban serangan dan berharap semua korban yang cedera akibat kejadian tersebut segera pulih.

Putin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dokter yang bekerja keras menyelamatkan korban.sinpo

Komentar: