Kebakaran kilang pertamina

Komisi VII DPR Desak Pertamina Audit Fasilitas Migas

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 04 April 2023 | 22:59 WIB
Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (SinPo.id/Istimewa)
Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati untuk audit menyeluruh semua fasilitas minyak dan gas (migas) milik Pertamina. Desakan itu disampaikan Eddy merespons kebakaran kilang minyak Pertamina dalam beberapa waktu terakhir. 

Menurut Eddy, audit sangat penting dilakukan demi meningkatkan keamanan penyimpanan bahan bakar minyak (BBM).

"Audit penting dilakukan untuk meningkatkan keamanan fasilitas kilang dan penyimpanan BBM, sert memperketat kualitas keselamatan dan keamanan kerja," kata Eddy pada Selasa 4 April 2023.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (Sekjen PAN) itu juga mendesak Pertamina segera membentuk direktorat khusus dalam menangani health, safety, security, and environment (HSSE).

Menurutnya, Pertamina harus fokus dan memberikan perhatian khusus terhadap masalah keamanan dan keselamatan kerja.

"Jangan sampai nanti HSSE ini tidak diberikan kewenangan juga untuk melakukan tugasnya dan hanya sekedar nanti menjadi direktorat kambing hitam," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Nicke mengatakan Pertamina sudah melakukan audit oleh international auditor dengan menggunakan International Sustainability Rating Standard (ISRS) yang telah digunakan secara global.sinpo

Komentar: