MPR Minta Densus 88 Usut Jaringan JI di Lampung hingga ke Akar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 14 April 2023 | 14:33 WIB
Bambang Soesatyo/Sinpo.id/MPR
Bambang Soesatyo/Sinpo.id/MPR

SinPo.id -  MPR RI meminta kepolisian menelusuri jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di Lampung. Polisi harus menindak jaringan peneror itu hingga ke akar-akarnya.

"Meminta agar aparat kepolisian terus menelusuri teroris tersebut hingga ke akar-akarnya agar aksi terorisme bisa sepenuhnya dihentikan," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

Apalagi, kata Bamsoet, pada 2020 telah ditangkap dua teroris yang tergabung dalam jaringan yang sama. Sehingga, para teroris tersebut perlu terus ditelusuri hingga ke akarnya.

Bamsoet juga meminta kepolisian melalui Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan terhadap aksi terorisme, radikalisme, hingga intoleransi di sejumlah wilayah Indonesia.

Aparat diharap melakukan pemetaan khusus untuk menelusuri potensi aksi-aksi yang membayakan masyarakat tersebut.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu juga meminta Densus 88 bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan koordinasi secara mendalam dan melakukan deteksi dini pergerakan teroris.

"Dan memastikan aksi tersebut tidak tersebar luas dan membahayakan masyarakat," kata dia.

Terakhir, dia ingin pemerintah terus berupaya mengatasi dan mengantisipasi isu-isu radikalisme dan terorisme di Indonesia. Salah satunya dengan memperkuat edukasi mengenai wawasan kebangsaan.

"Cinta Tanah Air, pemahaman Pancasila, serta penguatan nilai-nilai moderasi dalam beragama," tegas dia.sinpo

Komentar: