Enam Pelajar Indonesia Raih Medali dalam Penelitian Ilmiah di Beograd

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 14 April 2023 | 14:18 WIB
Para pelajar Indonesia peraih medali penelitian ilmiah/SinPo.id/Kemlu
Para pelajar Indonesia peraih medali penelitian ilmiah/SinPo.id/Kemlu

SinPo.id -  Enam pelajar Indonesia berhasil membawa nama baik bangsa dengan meraih medali dan penghargaan dalam International Conference of Young Scientist (ICYS) ke 29 di Beograd, Serbia.

Pada penyelenggaraan ICYS ke 29, Tim Indonesia telah memenangkan dua medali perak dan tiga penghargaan lainnya, yakni best poster in environmental science, best poster in computer science dan best poster in mathematics.

Adapun judul penelitian penelitian mereka, yaitu Mucilage and Bamboo Charcoal Based Wound Dressing: Malabar Spinach (Basella alba) Mucilage and Cendani Bamboo (Phyllostachys aurea) Charcoal as A Biodegradable Hydrogel Powder for Wound Dressing, Styrofoam Biodegradation by Superworm, DontDrown: An Artificial Intelligent System for Beach Surveillance, dan Program to Optimize MSME’s Profit Using Linear Program.

Mereka yang berhasil tampil dalam ICYS 2023 merupakan hasil seleksi berjenjang Lomba Peneliti Belia (LPB) 2022 yang dimulai dari tingkat provinsi hingga nasional. Kemudian terseleksi hingga ke tahap internasional.

Di bawah pembinaan dari Center for Young Scientist, mereka akhirnya dapat mengikuti konferensi ICYS ke 29 yang juga dihadiri oleh lebih dari 80 pelajar dari berbagai negara di seluruh dunia. 
sinpo

Komentar: