Puan Apresiasi Kinerja Kemlu dan TNI Dalam Evakuasi WNI di Sudan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 April 2023 | 19:18 WIB
Puan Maharani/Sinpo.id/Tim Media
Puan Maharani/Sinpo.id/Tim Media

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengapresiasi kinerja Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan TNI dalam proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak di tengah situasi perang saudara di Sudan.

“Saya mengapresiasi kinerja Kemenlu dan TNI dalam melakukan evakuasi terhadap warga negara kita di Sudan. Di manapun WNI berada, keselamatan WNI harus menjadi prioritas,” kata Puan, Kamis 27 April 2023.

Ia meminta agar pemerintah dapat gerak cepat untuk mengevakuasi seluruh WNI yang berada di Sudan, serta menjamin keselamatan mereka. Terlebih evakuasi tahap pertama dan kedua telah berhasil membawa 557 WNI ke Jeddah.

“Saya berharap proses evakuasi selanjutnya bisa segera dilaksanakan. Meski berada di luar negeri, WNI sudah selayaknya tetap mendapatkan perlindungan dari Pemerintah Indonesia sehingga rakyat Indonesia tidak ragu untuk berkarya dan bekerja hingga keluar negeri sekalipun,” ungkapnya.

Selain itu, Puan meminta agar kesehatan WNI yang dievakuasi lebih diperhatikan, salah satunya dengan menyiagakan tenaga medis, agar tidak ada WNI yang sakit saat sedang menempuh perjalanan panjang.

“Nyawa warga kita sangat berharga dan merupakan tanggung jawab Negara. Untuk itu, Kemenlu sebagai perpanjangan tangan Pemerintah harus bisa menjamin keselamatan mereka,” katanya menegaskan.

Oleh karena itu, kata Puan, seluruh pihak harus terus bersinergi sebaik-baiknya dalam operasi penyelamatan WNI di Sudan. Jangan sampai ada ego sektoral yang dapat menghambat evakuasi dan kenyamanan para WNI.sinpo

Komentar: