Menhub: 50 Persen Kendaraan Belum Kembali Ke Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 27 April 2023 | 18:22 WIB
GT Cikampek Utama/Sinpo.id/Jasa Marga
GT Cikampek Utama/Sinpo.id/Jasa Marga

SinPo.id -  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, masih ada sekitar 55,8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa hingga H+4 Lebaran 2023 atau Kamis 27 April 2023.

Budi Karya memprediksi masih ada arus balik kedua yang masih akan terjadi pada Minggu dan Senin, 30 April dan 1 Mei 2023. Masyarakat diminta menghindari perjalanan balik pada hari tersebut.

“Kita masih ada lima hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu, 30 April 2023 nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” kata Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis 27 April 2023.

Budi Karya memaparkan, dengan adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Oleh karena itu, Budi Karya mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari ini, Kamis, Jumat, serta Sabtu atau 27-29 April 2023. Hal itu untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada 30 April dan 1 Mei mendatang. 

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” ujarnya.

Budi Karya berharap, penanganan arus balik lebaran bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik. 

“Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” tandasnya.

sinpo

Komentar: