Anggota DPR Minta Pemerintah Segera Bebaskan Puluhan WNI yang Disekap di Myanmar

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 April 2023 | 15:45 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno meminta pemerintah segera membebaskan sekitar 30 warga negara Indonesia (WNI) yang disekap di Myanmar, karena menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Ia menyebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan mereka, yakni dengan jalur komunikasi dan diplomasi dengan pemerintah Myanmar.

“Maksimalkan jalur komunikasi dan diplomasi agar mereka dapat lepas. Akan tetapi, harus dipertimbangkan jalur-jalur lain bilamana mengalami kendala tertahan mereka tak juga lepas," kata Dave pada Minggu, 30 April 2023.

Selain bekerja sama dengan pemerintah Myanmar, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pun diminta aktif untuk menyelesaikan masalah tersebut agar tidak berkepanjangan.

"Harus ada rancangan yang jelas dan langkah serta tahapan yang akan diambil demi menyelesaikan kemelut yang berkepanjangan ini," ungkapnya yang terus berusaha menyerukan pembebasan puluhan WNI tersebut.

Seperti diketahui, 30 WNI yang disekap merupakan korban scamming online yang menjanjikan peluang kerja, padahal informasi tersebut tidak benar. Tak hanya itu, video penyekapan mereka yang berdurasi 02.29 menit itu juga telah beredar.sinpo

Komentar: