Survei IPI: Elektabilitas Ganjar Nyungsep, Prabowo Nanjak Terus

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 30 April 2023 | 17:00 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi/Sinpo.id/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi/Sinpo.id/Tim Media

SinPo.id -  Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei mereka terkait eleltabilitas para calon presiden yang akan berlaga di Pilpres 2024. Dalam surveinya, nama Prabowo keluar sebagai capres yang elektabilitasnya terus meroket seiring waktu.

Sebaliknya, nama Ganjar Pranowo justru elektabiltasnya nyungsep dalam 3 bulan terakhir, yakni dari 37,1 persen di bulan Februari 2023 menjadi 34 persen

Adapun elektabilitas Prabowo menanjak dari Februari 2023 dengan 24,1 persen menjadi 31,7 persen di bulan April 2023.

Sementara nama capres lain, Anies Baswedan mengalami tren penurunan lebih rendah dari Ganjar. Mantan Gubernur DKI itu diketahui punya 29,2 persen pada Februari kemudian anjlok ke angka 25,2 persen.

"Temuan survei nasional terbaru dari Indikator Politik Indonesia periode bulan April ini apabila dibandingkan dengan temuan survei nasional di bulan Maret lalu menunjukkan elektabilitas dari Ganjar Pranowo mengalami kemerosotan cukup tajam. Kemudian elektabilitas Anies baswedan memiliki kecenderungan stagnan. Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami tren peningkatan," kata Peneliti IPI, Bawono Kumoro kepada Sinpo.id, Minggu, 30 April 2023.

Bawono menjelaksan bahwa indikator meningkatnya elektabilitas Prabowo tak lain karena kinerja positifnya selama menjadi Menteri Pertahanan. Hal ini sejalan dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat dengan kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi selama ini

"Prabowo Subianto kian berhasil menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden dalam dua pemilu terdahulu. Dalam dua bulan terakhir ini pola dukungan publik terhadap Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja Presiden. Dampak dari keberhasilan hal tersebu membuat elektabilitas Prabowo mengalami kenaikan dan tingkat elektabilitas Ganjar cenderung menurun tajam," jelas dia.

Bukan cuma piawai dalam mengemban amanah sebagai Menhan, Prabowo juga dinilai masyarakat punya kedekatan dan hubungan yang baik dengan Presiden. Wajar jika para pemilih yakin Prabowo mempu meneruskan program-program yang selama ini telah dicanangkan Jokowi.

"Keberhasilan PS menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Joko Widodo tidak terlepas dari sokongan-sokongan Presiden dalam berbagai kesempatan termasuk kunjungan-kunjungan kerja beberapa bulan terakhir dimana seringkali mengajak ikut serta Prabowo, sehingga di mata pemilih Presiden Joko Widodo di dalam dua pemilu terdahulu Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon presiden paling direstui oleh Presiden," papar dia.

Sebagai informasi, Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multi stage random dengan 1.220 yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dengan margin of error sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



sinpo

Komentar: