pembentukan koalisi jelang pemilu 2024

Golkar Disebut Sepakat Gabung Koalisi Gerindra-PKB

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 05 Mei 2023 | 10:33 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza menyampaikan bahwa Partai Golkar sepakat bergabung dengan koalisi bentukan partainya dengan partai Gerindra, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Pernyataan itu disampaikan Faisol saat menjelaskan hasil pertemuan antara Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto yang berlangsung di Resto Pelataran Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 3 Mei 2023.

Menurut Faisol, dalam pertemuan yang dikemas dengan halalbihalal tersebut, Golkar sepakat bergabung untuk menambah anggota KKIR.

“Golkar memiliki pengalaman panjang dalam pemerintahan, Gerindra dan PKB membutuhkan itu untuk membuat Indonesia semakin maju,” ujar Faisol dalam keterangannya yang diterima SinPo.id pada Jumat, 5 Mei 2023.

Faisol juga mengatakan bahwa pasangan capres dan cawapres yang akan diusung tetap merujuk pada kesepakatan PKB dengan Gerindra yaitu diputuskan secara bersama antara Cak Imin dan Prabowo.

“Skema kerja sama PKB dan Golkar untuk mempersiapkan skema pemenangan Pilpres adalah memperbesar KKIR dan memperkuat Mas Bowo-Gus Imin,” imbuhnya.

PKB dan Golkar masing-masing kini telah menunjuk tim teknis pembentukan koalisi besar setelah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ditinggalkan PPP. Faisol Riza menjadi utusan PKB sedangkan dari Golkar yaitu Nusron Wahid.

Adapun pertemuan Golkar dan PKB semalam merupakan bagian dari upaya pembentukan koalisi besar tersebut. Keduanya mengklaim sepakat menjadi bagian tim inti dari koalisi besar.*sinpo

Komentar: