TEKNOLOGI AI

Pemprov DKI Mulai Terapkan Teknologi AI untuk Atasi Kemacetan Ibu Kota

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 10 Mei 2023 | 18:50 WIB
Ilustrasi macet (SinPo.id/ NTMC Polri)
Ilustrasi macet (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota. Salah satunya sudah mulai diterapkan di Jakarta Timur.

"Contohnya yang sudah dilakukan itu di Simpang Buaran, Jakarta Timur, dan ada beberapa titik lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI, Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Syafrin menyebut, sebelumnya sudah pernah melakukan simulasi penerapan AI di beberapa ruas jalan, seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, hingga Jalan Pemuda. Namun, penerapan AI ini tidak efektif.

"Tapi dari hasil analisis data rekan rekan Google, kami melakukan resetting terkait dengan cycle time traffic light di titik yang mana sudah diprogramkan tadi. Jadi artinya tidak akan bisa dilakukan pengaturan secara AI tadi, sehingga dilakukan pemisahan," ujarnya.

Seperti diketahui, kemacetan di beberapa titik di Jakarta kembali bertambah setelah sempat berkurang selama pandemi Covid-19. Pemprov DKI sedang mempersiapkan sejumlah skema guna mengatasi kemacetan tersebut.

Di antaranya usulan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan menerapkan pembagian jam masuk kerja di Jakarta menjadi dua sesi, yakni pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB. Selain itu, penutupan U-turn atau putar balikan dan menambah ruas jalan tembusan juga sudah mulai dilakukan oleh Dishub DKI Jakarta.

 sinpo

Komentar: