SABU CAIR

Bareskrim Sebut Tersangka Bawa Sabu Cair Asal Iran dengan Dicampur Bensin

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 11 Mei 2023 | 18:35 WIB
Konferensi pers penyelundupan sabu cair asal Iran di Bareskrim Polri (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Konferensi pers penyelundupan sabu cair asal Iran di Bareskrim Polri (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Operasi gabungan Bareskrim, Polda Jambi, dan Polda Banten berhasil menangkap seorang tersangka (NB) asal Iran yang membawa lima dirigen sabu cair seberat 267,73 kilogram di Pelabuhan Tinjil, Banten.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Mukti Juharsa mengatakan bahwa modus tersangka membawa sabu cair dengan cara mencampurnya dengan bensin. Hal ini bertujuan untuk mengelabui aparat.

"Untuk modus operandi menyelundupkan narkotika jenis sabu cair sebanyak 264,73 kg yang jika diolah akan menjadi 750 kg sabu kristal dengan cara tadi mencampur dengan bensin seolah mengelabuhi petugas bahwa ini adalah bensin, Namun ini adalah sabu cair," kata Mukti di Mabes Polri, Kamis, 11 Mei 2023.

Mukti mengatakan, tersangka juga membawa sabu cair dengan mengelabui menggunakan tiga buah kapal melalui jalur perairan Indonesia.

"Modus operandi yang mereka gunakan adalah ada tiga buah kapal yang digunakan. Yang pertama adalah motherfeso ini adalah kapal besar yang pada saat itu target kita warga negara asing ini berada di motherfeso, yang didalamnya ada kapal cepat (speed boat)," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa mengatakan pihaknya telah mengungkap penyelundupan sabu cair di Pandeglang, Banten.

Dalam kasus tersebut, seorang warga negara asing (WNA) asal Iran diamankan polisi dalam kasus ini. Serta ratusan kilogram sabu cair disita

Ada satu tersangka yang kami amankan. Tersangka WN Iran, ini operasi gabungan Direktorat IV/Narkoba Bareskrim Polri dengan Polda Jambi,” ujar Mukti dikutip dari laman resmi Polri, Rabu, 10 Mei 2023.

Mulanya, kata Mukti, Tim Dittipidnarkoba Polri bersama dengan Polda Jambi melakukan penyelidikan dan profiling jaringan internasional ini, setelah mendapatkan informasi adanya rencana pengiriman sabu cair ke Indonesia.

“Dari informasi ini kami melakukan penyelidikan intensif, kemudian kami dapat mengamankan ratusan kilogram sabu cair di Pelabuhan Tinjil, Teluk Banten, Pandeglang, Banten,” ujarnya.sinpo

Komentar: