JHONNY G PLATE TERSANGKA

Hermawi Taslim Gantikan Johnny G Plate Sebagai Plt Sekjen NasDem

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 17 Mei 2023 | 20:52 WIB
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (SinPo.id/ Andi Rezaldy)
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (SinPo.id/ Andi Rezaldy)

SinPo.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menunjuk Hermawi Taslim sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen DPP Partai NasDem. Taslim menggantikan Johnny G Plate yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Melihat tugas dan kesibukan peran kesekjenan maka kami telah menetapkan saudara Haji Muhammad Taslim sebagai Pelaksana Tugas Kesekjenan," kata Paloh saat jumpa pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, 17 Mei 2023.

Di sisi lain, Paloh memastikan partainya menghormati proses hukum yang berjalan di Koprs Adhyaksa. NasDem tak akan mengintervensi Kejagung atas perkara yang melibatkan Johnny.

"Dari komitmen awal partai ini didirikan, kami tetap di garda terdepan demi menegakkan prinsip hukum yang berkeadilan dari waktu ke waktu," ujarnya.

Paloh bahkan meminta masyarakat mengawal kasus ini hingga tuntas. Dia juga telah menginstruksikan kadernya agar tak tidak terprovokasi atas kasus yang menjerat Johnny. Apalagi, Paloh menilai NasDem saat ini sudah dianggap bukan lagi bagian dari pemerintah.

"Jadi proses hukum ini harus kita hormati. Kami tetap hormati, tetapi sukar untuk mengusik apa yang terjadi di dalam perasaan emosi diri saya," tegas dia.

Kejagung menetapkan Menteri dari NasDem Johnny sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G, dan penyediaan infrastruktur pendukung 5 paket BAKTI Kominfo periode 2020-2022.

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan, Plate sempat menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk ketiga kalinya pagi tadi. Usai diperiksa, Sekjen Partai NasDem itu sudah terlihat mengenakan rompi tahanan warna merah muda.

Korps Adhyaksa dipastikan punya bukti kuat dalam menetapkan Johnny sebagai tersangka. Kejagunh bahkan langsung menahan Johnny untuk 20 hari pertama di Rutan Salemba Cabang Kejagung.sinpo

Komentar: