Microsoft Mau Cetak 840 Ribu Talenta Al di Indonesia

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 30 April 2024 | 11:44 WIB
Logo perusahan Microsoft (SinPo.id/ Dok. Bloomberg)
Logo perusahan Microsoft (SinPo.id/ Dok. Bloomberg)

SinPo.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, CEO  Microsoft Satya Nadella, berkomitmen akan mencetak 840 ribu talenta digital khusus bidang artificial intelligence (Al) di Indonesia. Hal ini bagian dari komitmen penanaman investasi Microsoft selama empat tahun di tanah air. 

Komitmen itu disampaikan CEO Microsoft Satya Nadella dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2024. Budi turut dalam pertemuan tersebut. 

"Mereka (Microsoft) mau cetak 840 ribu digital talent khusus AI di Indonesia selama 4 tahun. Berarti setahun 210 ribu. Luar biasa kan," kata Budi usai pertemuan. 

Menurut Budi, jika anak-anak muda mempunyai skill dan talenta di bidang AI, Indonesia ke depan akan menjadi ekosistem global teknologi, tidak lagi  sekedar konsumen. 

Selain itu, lanjut Budi, ada juga dukungan untuk komunitas developer yang sedang berkembang di Indonesia. Diantaranya, program AI Oddyssey yang diharapkan dapat menjangkau 10.000 developer dengan Microsoft kridensial.

"Tadi (Bos Microsoft) sudah bicara dengan Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Utamanya dalam pembentukan digital talent khususnya di bidang AI," kata Budi.sinpo

Komentar: