145 Orang Tewas akibat Topan Mocha di Myanmar

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 20 Mei 2023 | 07:50 WIB
Ilustrasi cuaca buruk (pixabay)
Ilustrasi cuaca buruk (pixabay)

SinPo.id -  Sebanyak 145 orang tewas akibat topan Mocha di Myanmar. Topan Mocha yang membawa hujan deras dan angin kencang dengan kecepatan mencapai 195 kilometer per jam itu menerjang wilayah Myanmar dan negara tetangganya, Bangladesh, pada Minggu 14 Mei 2023 waktu setempat.

"Secara keseluruhan, sedikitnya 145 warga setempat tewas selama topan itu," demikian pernyataan terbaru otoritas junta militer Myanmar seperti dilansir AFP pada Jumat 19 Mei 2023.

145 orang tewas itu terdiri dari empat tentara, 24 warga lokal dan 117 warga 'Bengali' yang merujuk pada sebutan rendahan untuk warga Rohingya.

Berdasarkan catatan, topan ini 
sebagai yang paling kuat di negara itu selama lebih dari satu dekade terakhir.Terjangan topan itu membuat bangunan ambruk dan mengubah jalanan menjadi sungai. Desa-desa di wilayah Rakhine mengalami kehancuran parah, dengan pepohonan tumbang dan saluran komunikasi terputus.

Rakhine merupakan rumah bagi ratusan ribu warga Rohingya yang terpaksa hidup di kamp-kamp penampungan.
Warga Rohingya tidak memiliki akses terhadap status kewarganegaraan dan layanan kesehatan di Myanmar. 

Sementara itu, salah satu kepala desa Rohingya menuturkan lebih dari 100 warganya hilang usai topan Mocha menerjang. Seorang pemimpin masyarakat lainnya di dekat ibu kota Sittwe, Rakhine, menyatakan kepada AFP bahwa sedikitnya 105 warga Rohingya tewas di sekitar kota itu. Namun, laporan soal banyaknya korban jiwa dari kalangan Rohingya itu dibantah otoritas junta Myanmar.sinpo

Komentar: