Tunjukkan Bukti Chat, Luhut Ngaku Dekat dengan Haris Azhar

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 08 Juni 2023 | 17:03 WIB
Persidangan Haris  Azhar dan Fatia dengan saksi Luhut Binsar (Ist)
Persidangan Haris Azhar dan Fatia dengan saksi Luhut Binsar (Ist)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengaku mempunyai hubungan baik dengan terdakwa Haris Azhar. Bahkan, Luhut sempat menunjukan bukti kepada majelis hakim terkait chatting dengan Haris melalui aplikasi Whatsapp. 

Hal itu disampaikan Luhut ketika menjadi saksi dalam persidangan kasus pencemaran nama baik yang menjerat dua aktivis HAM, yaitu Haris Azhar dan Fatia Maulidiyant di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis, 7 Juni 2023.

Bermula, Luhut ditanyakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) terkait kedekatan dirinya dengan terdakwa Haris. 

"Saya itu sebenarnya sampai hari ini juga belum mengerti kenapa saudara Haris seperti itu, karena kami ber-WhatsApp. Saya bisa tunjukkan pada yang mulia beberapa waktu kami ber-WhatsApp ria," ucap Luhut 

Luhut pun mengungkapkan, pada Maret 2021 lalu, Haris Azhar menemuinya untuk meminta bantuan mengurus saham di Timika, Papua.

"Dia minta saya untuk membantu misalnya mengurus saham dari apa, suku apa, di mana, di Timika, yang mereka bilang beres. Itu semua baik-baik saja sampai pada Maret urusan saham begitu," kata Luhut. 

Menurut dia, dirinya sempat membantu dengan mempertemukannya dengan anak buahnya yang sangat paham hukum untuk membahas saham untuk masyarakat adat. 

"Karena menurut kami bukan tanggung jawab kami, saya menyampaikan ke Pak Lambok karena beliau yang ahli hukum coba dilihat supaya sesuai dengan hukum," katanya. sinpo

Komentar: