Puan Harap Kereta Cepat 'Whoosh' Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 Oktober 2023 | 16:17 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sinpo.id/DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, berharap hadirnya Kereta cepat yang diberi nama ‘Waktu Hebat, Operasi Optimal, Sistem Hebat' (Whoosh), dapat dimanfaatkan untuk membangun perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Secara umum, Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa berdampak terhadap perekonomian nasional karena dapat mempermudah dan mempercepat akses warga dari Jakarta-Bandung, begitu pula sebaliknya. Ini tentunya sangat bermanfaat terutama bagi pelaku bisnis yang banyak melakukan mobilitas,” kata Puan, dikutip Rabu 4 Oktober 2023. 

Menurutnya, kereta cepat dapat mendorong kemajuan perekonomian di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya, karena dengan adanya kemudahan transportasi bagi konsumen, maka pertumbuhan ekonomi di dua kawasan tersebut juga akan semakin meningkat. 

“Kereta cepat ini harus dapat mendongkrak percepatan perekonomian masyarakat karena akan menumbuhkan kawasan dan aktivitas bisnis baru akibat cepatnya mobilisasi masyarakat dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya,”  ungkapnya. 

Meski demikian, Puan juga meminta pemerintah agar memperhatikan perawatan kereta cepat. Karena fasilitas layanan juga harus dibarengi dengan apiknya sistem perawatan KCJB, guna membangun kepercayaan publik terhadap transportasi publik Kereta Cepat Whoosh. 

“Pastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang menggunakan kereta cepat. Ini akan menjadi jaminan berhasil atau tidaknya proyek kereta cepat,” tegasnya.sinpo

Komentar: