Erick Thohir Pastikan Stok Beras Hingga November 2023 Aman

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 04 Oktober 2023 | 19:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Menteri BUMN Erick Thohir. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan stok beras aman dan terkendali jika melihat ketersediaan beras di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Meski begitu, Erick mengakui harga pangan di dunia sedang mengalami kenaikan.

Hal itu diungkapkan Erick saat melakukan peninjauan operasi pasar beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur.

"Kita pastikan stok beras aman. (Untuk Oktober) di Bulog ada 1,7 juta ton dan November sampai dua juta ton. Belum lagi didorong oleh produksi beras dari petani kita beli semua untuk memastikan stok aman," kata Eric Thohir dalam keterangannya, Rabu, 04 Oktober 2023.

Erick memastikan, pihaknya terus berupaya untuk terus membanjiri beras di semua pasar melalui stok yang dimiliki Perum Bulog. Hal ini dilakukan untuk menjaga harga beras di pasar agar tetap stabil.  

"Jika produksi dalam negeri bagus tentu Indonesia tidak akan impor beras dari luar negeri," ujarnya.

Lebih lanjut, Erick juga menyampaikan pemerintah telah menggelontorkan bantuan pangan senilai Rp8 triliun kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurutnya, penyaluran bantuan tersebut kemungkinan akan diperpanjang untuk mengontrol laju kenaikan harga beras di dalam negeri. 

"Jumlahnya besar, mungkin diperpanjang nanti Desember dan Januari, ini lah solusi yang diberikan, bukan hanya bicara-bicara," tandasnya.sinpo

Komentar: