Prihatin Perkembangan Situasi di Gaza, Jokowi : Tindakan Kekerasan Harus Dihentikan

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 00:08 WIB
Jokowi di KTT ASEAN-GCC /setkab
Jokowi di KTT ASEAN-GCC /setkab

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyampaikan keprihatinannya terhadap situasi di Gaza akibat konflik yang berkepanjangan antara Palestina dan Israel

Hal itu diucapkan Jokowi saat berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Gulf Cooperation Council (KTT ASEAN-GCC)

Jokowi mengajak semua negara yang hadir mengingat pemicu perang di Gaza. Ia berpendapat pendudukan yang dilakukan Israel itu harus segera diselesaikan

"Kita tidak boleh lupa akar masalahnya adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel. Ini yang harus diselesaikan sesuai dengan parameter internasional yang telah disepakati," kata Jokowi pada KTT ASEAN-GCC dikutip Youtube Sekretatiat Presiden,  Jumat, 20 Oktober 2023.

Jokowi mengatakan bahwa posisi ASEAN dan GCC harus jelas dan solid untuk mendukung solusi perdamaian yang adil dan langgeng di Palestina.

"Tindakan kekerasan harus dihentikan, isu kemanusiaan harus menjadi isu perioritas saat ini, dan kita harus mencegah agar kondisi tidak semakin buruk," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyuarakan terkait perlindungan pekerja migran. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggarisbawahi komitmen ASEAN untuk meningkatkan perlindungan bagi para pekerja migran.

"Dan saya mohon dukungan negara-negara GCC," tandasnya.

 sinpo

Komentar: