Bertemu Parlemen Uni Eropa, DPR Bahas Soal Keamanan Regional dan Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 23 Oktober 2023 | 20:45 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon  (SinPo.id/ Ari Harahap)
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon (SinPo.id/ Ari Harahap)

SinPo.id - Dalam pertemuan tahunan antara Parlemen Indonesia dan Uni Eropa ke-12 yang telah digelar di Gedung Parlemen Uni Eropa, Strasbourg, Prancis, baru-baru ini, DPR RI membahas berbagai permasalahan keamanan regional dan global yang mendesak.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon mengatakan, adapun yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yakni kondisi di Palestina, Myanmar, Laut Cina Selatan, konflik Ukraina dan Rusia hingga strategi dan kerja sama perdamaian di Asia Pasifik.

“Marilah kita meneruskan komitmen bersama DPR RI dan Parlemen Uni Eropa terhadap perdamaian, saling menghormati, dan kemitraan proaktif," kata Fadli, melalui keterangan persnya, Senin 23 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, Fadli juga menyampaikan upaya Indonesia dalam mempercepat implementasi Poin Konsensus (5PC) di Myanmar, termasuk Resolusi terkait Myanmar di AIPA yang didorong oleh DPR. Namun ia juga mengapresiasi dukungan kemanusiaan Uni Eropa terhadap Myanmar.

Kemudian terkait isu Laut Cina Selatan, Fadli menekankan pentingnya perdamaian, kebebasan navigasi, dan kepatuhan terhadap hukum internasional di kawasan, khususnya UNCLOS.

Selain itu, ia juga menyoroti peran Indonesia dalam Satuan Tugas (Task Force) IPU untuk Ukraina dalam pembahasan konflik Ukraina-Rusia yang sedang berlangsung. Termasuk menyerukan dialog penyelesaian damai yang berkelanjutan dan penghormatan terhadap integritas kedaulatan negara.

Sementara isu terkait perdamaian dan penyelesaian krisis di Palestina, DPR RI dan Parlemen Uni Eropa sepakat untuk mengadakan dialog resmi lanjutan.

"Bersama-sama, kita memiliki potensi untuk bersama-sama menciptakan dunia yang lebih aman dan damai bagi rakyat dan generasi mendatang,” katanya menambahkan.

BalasTeruskansinpo

Komentar: