Jokowi Bakal Groundbreaking 10 Proyek di IKN, Termasuk Bandara VVIP dan Pulau Suaka Orangutan

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 29 Oktober 2023 | 19:46 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali  melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking 10 proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp12,5 triliun pada 1 November 2023.

Kegiatan ini merupakan groundbreaking tahap dua dari kegiatan yang sebelumnya sudah dilakukan pada September 2023 lalu.

“Akan ada 10 kegiatan groundbreaking, baik dari APBN maupun swasta untuk berbagai fasilitas di IKN," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangan persnya, Minggu, 29 Oktober 2023.

Bambang merinci proyek-proyek yang akan diresmikan Jokowi itu meliputi Bandara VVIP IKN, rumah sakit, mall terintegrasi dengan hotel dan apartemen, dan sejumlah kantor pemerintah. 

"Pulau suaka orangutan, dan sekolah yang terdiri dari sekolah negeri dan internasional,"ujarnya.

Khusus untuk sekolah, kata Bambang, akan ada relokasi SD Negeri 020 Sepaku yang mengusung konsep baru. Nantinya, SD tersebut bakal menjadi percontohan untuk sekolah negeri lainnya di IKN.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, groundbreaking ini menunjukkan bukan hanya pertumbuhan pembangunan yang terjadi di IKN, namun juga bergulirnya pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, groundbreaking tahap dua ini juga sebagai bukti minat dan kepercayaan yang tinggi dari investor swasta dan pemerintah di IKN.

“Bidang yang bervariasi ini menunjukkan bahwa di IKN sudah ada fasilitas-fasilitas dasar bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan,” tandasnya.sinpo

Komentar: