DPR Apresiasi Kebijakan BRI Hapus Kredit Macet UMKM Terdampak Covid-19

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 31 Oktober 2023 | 11:30 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto, mengapresiasi kebijakan yang dibuat oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menghapus kredit macet UMKM terdampak Covid-19. Menurutnya, kebijakan tersebut akan membawa dampak positif bagi UMKM.

"Saya kira patut diapresiasi langkah BRI tersebut karena bakal ada dampak positif yang cukup signifikan. Pertama, UMKM yang kesulitan bisa bangkit kembali karena adanya relaksasi kebijakan itu. Kedua, perekonomian di bawah akan terus berdenyut," kata Darmadi, dikutip Selasa 31 Oktober 2023.

Ia menilai penghapusan macet UMKM merupakan wujud dari kepastian hukum bagi para pelaku usaha menengah ke bawah. Sehingga UMKM dapat melakukan kegiatan usahanya dengan lebih fokus dan dapat terus tumbuh, serta berkembang.

"Hapus kredit UMKM terdampak Covid-19 saya kira cukup konkret. Karena dari total pelaku UMKM yang puluhan juta itu tidak semuanya memiliki kekuatan kapital yang kuat dan perlu didukung oleh negara apalagi dihantam pandemi covid-19 kemarin jelas banyak yang terpukul UMKM kita. Jadi sudah tepat BRI keluarkan kebijakan itu," terangnya.

Meski demikian, Darmadi meminta agar kebijakan tersebut juga disertai dengan validasi data yang ketat dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kepada publik. Jangan sampai ada data siluman yang lolos tanpa verifikasi yang memadai, karena angka hapus kreditnya cukup besar.

Sebelumnya, Dirut BRI Sunarso mengatakan, pihaknya telah menghapus kredit macet UMKM terdampak pandemi Covid-19 sebesar Rp24 triliun. Sementara untuk keperluan tersebut, pihaknya memutuskan margin atau keuntungan BRI yang besar tidak semuanya diambil menjadi laba.sinpo

Komentar: