DPR Minta Penyakit Cacar Monyet Diantisipasi Serius

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 November 2023 | 20:10 WIB
Ilustrasi cacar monyet (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi cacar monyet (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, meminta pemerintah untuk mengantisipasi penyakit monkeypox atau cacar monyet dengan serius lantaran penyebarannya yang semakin meningkat.

Salah satu antisipasi yang perlu dilakukan yakni sosialisasi masif oleh kementerian/lembaga terkait tentang penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Pasalnya, pemahaman masyarakat tentang penyakit cacar monyet masih sangat kurang.

“Sosialisasi terkait dengan penyakit ini untuk orang bisa paham itu masih kurang. ini yang perlu kita pertegas kita perkuat lagi ke depan," kata Melki, dikutip Rabu 1 November 2023.

"Sehingga kesehatan lebih intensif lagi bersama dinkes dan berbagai pihak terkait untuk mensosialisasikan tentang bagaimana memahami penyakit ini, pencegahan, maupun pengobatannya nanti," sambungnya.

Di samping itu, ia juga mengingatkan agar semua pihak tidak lengah terhadap munculnya penyakit-penyakit menular. Sehingga penting untuk pemerintah meningkatkan sosialisasi agar penularan dapat dicegah.

"Menurut kami sih memperkuat kampanye atau sosialisasi terkait dengan penyakit ini masih harus kita intensifkan lagi. Jadi jangan sampai nanti dia meledak makin banyak makin susah kita tanggulangi apabila kita tidak mencegahnya dengan baik," terangnya.

Tidak terhubung. Menghubungkan lagi dalam waktu 3 detik…sinpo

Komentar: